BAB 6
Variasi Dokumen Pengolah Kata
A. Menyisipkan Tabel
ü Membuat tabel baru
Untuk
menambahkan tabel ke dalam dokumen word langkah-langkahnya;
a.
Klik tab insert lalu klik ikon Table pada
grup ikojn Tables.
b.
Lalu soror banyaknya kolom dan baris yang
akan disipkan.
c.
Apabila kolom dan baris pada tabel yang
disipkan dalsm jumlah banyak, maka setelah menekan ikon table dilakukan dengan
menekan insert table yang akan menampilkan kotak dialog insert table.
1.
Pada number of columns, tentukan banyak
kolom yang akan disipkan.
2.
Pada number of rows, tentukan banyak
baris yang akan disisipkan.
d.
Tabel baru akan ditambahkan pada dokumen.
ü Menyisipkan baris atau kolom baru
Apabila
dalam tabel yang tekah dibuat terdapat kekurangan baris atau kolom maka ia dapat menyisipkan kolom atu baris
baru.
a.
Sorot kolom/baris pada tabel yang akan
disisipi dengan kolom atau baris baru.
b.
Pada Table Tools, klik tab Layout. Pada grup
Rows & Columns kita dapat memilih pilihan berikut:
1.
Insert Above untuk menyisipkan baris baru
diatas baris yang disorot.
2.
Insert Below untuk menyisipkan baris baru
dibawah baris yang disorot.
3.
Insert Left untuk menyisipkan baris baru
diatas baris yang disorot.
4.
Insert insert Below untuk menyisipkan
baris baru dibawah baris yang disorot.
ü Menghapus sel, baris, kolom atau tabel
Apabila
dalam tabel yang kita buat ada kelebihan sel, baris ataupun kolom, maka kita
bisa menghapusnya dengan cara:
a.
Sorot kolom atau baris yang akan dibuang.
b.
Pada Table Tools, klik Tab Layout. Pada grup
Rows & Columns, klik perintah deete dan kita dapat memilih pilihan berikut:
1.
Delete Cells untuk menghapus sel yang
ditempati insertion point.
2.
Delete Columns untuk mengapus kolom yang
tersorot.
3.
Delete Rows untuk menghapus baris yang
tersorot.
4.
Delete Table untuk mengahapus tabel yang
ditempati insertion point.
ü Merubah perataan teks pada setiap sel
Teks
yang kita masukkan ke dalam tabel dapat kita atur perataanya dengan menggunakan
alligment pada tab Home di grup Paragraf. Langkah-langkahnya:
a.
Sorot beberapa sel yang akan dirubah
perataan/posisinya.
b.
Pada Table Tools, di tab Layout dan grup
Alligment, kita dapat memilih dengan menekan salah satu bentuk perataan sesuai
dengan yang kita inginkan.
Untuk
mengatur orientasi/arah teks pada tabel, langkah-langkahnya:
a.
Sorot teks pada tabel yang akan dirubah
orientasinya.
b.
Pada table tools di tab layout dan grup
Alligment kita dapat menekan perintah teks Direction dan lakukan beberapa kali
sehingga arah teks sesuai dengan keinginan kita.
ü Menggabungkan Sel
Untuk
menggabungkan beberapa sel menjadi satu, langkah-langkahnya:
a.
Sorot beberapa sel yang akan digabung.
b.
Klik perintah Merge Cells pada table
tools, di tab layout dan grup Merge.
ü Mengatur lebar baris atau kolom
Untuk
mengatur ukuran baris atau kolom, langkah-langkahnya:
a.
Sorot baris atau kolom yang akan diubah ukurannya.
b.
Klik tab Layout, pengaturan lebar baris
dan kolom terdapat pada Ribbon Cell Size.
B. Menyisipkan Grafik
Dalam membuat naskah kadang-kadang
diperlukan grafik untuk menggambarkan suatu kondisi tertentu, misalnya grafik
hasil penjualan. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkahnya:
1.
Klik tab insert, sehingga muncul
ikon-ikon untuk pembuatan grafik, lalu klik Chart.
2.
Akan muncul Chart Type, yang berisi
tipe-tipe grafik. Pilih salah satu dengan klik.
3.
Akan muncul tampilan grafik dan jendela Excel.
4.
Setelah selesai klik ikon Close pada
Excel. Grafik pada dokumen Word kalian telah berganti.
C. Menyisipkan Gambar
ü Menyisipkan ClipArt
ClipArt
adalah gambar atau ilustrasi yang disediakan Microsoft Word. Gambar-gambar ini
dapat ditambahkan dalam teks sehingga memperindah tampilan teks. Untuk
menambahkan ClipArt, kalian dapat melakukan langkah-langkah berikut:
a.
Klik menu insert kemudian klik ikon
ClipArt.
b.
Lakukan klik pada kotak Organize Clips.
c.
Pada kotak Collection List, kamu dapat
memilih sumber ClipArt yang dapat kamu ambil.
ü Menyisipkan Gambar
Untuk
menambahkan gambar dalam teks, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:
a.
Letakkan kursor di bagian dokumen yang
kamu inginkan. Klik menu insert, kemudian pilih Picture. Lanjutkan dengan
memilih From File. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Insert Picture.
b.
Carilah letak gambar yang kamu inginkan
pada kotak Look in.
c.
Klik nama File gambar tersebut.
d.
Klik insert sehingga gambar menyisip
dalam dokumen.
D. Membuat Mail Merge
Mail merge atau surat masal
adalah salah satu fasilitas di Ms Word untuk mempermudah user melakukan
pekerjaan dengan hanya membuat satu format surat namun dengan berbagai tujuan
alamat dan nama yang berbeda. Tentu hal ini akan sangat mempermudah sekali
pekerjaan kita. Kita tidak perlu lagi mengetik satu persatu tujuan dan nama
alamat yang dituju, cukup hanya dengan mengetik daftar nama serta alamat yang
dikehendaki maka nama, alamat yang dibuat akan langsung bergabung atau merger
dengan format surat tadi.
Tidak hanya format surat saja kegunaan
mail merge ini, Jika kita mengetik dengan format yang sama atau blanko formulir
yang sama namun dengan isian yang berbeda, maka mail merge lah solusinya. Cukup
buat format blangko atau formulir yang dikehendaki dan membuat daftar isian
formulir, maka sudah cukup. Hasilnya, setiap isian dari formulir tersebut akan
silih berganti sesuai dengan daftar yang telah dibuat.
Untuk membuat mail merge berikut
ini adalah langkah-langkahnya :
1.
Buat dokumen terlebih dahulu (bisa
berupa surat, blangko formulir, atau dokumen yang lain)
2.
Klik ribbon Mailings kemudian
klik Start Mail Merge, pilih Step by Step Mail Merge Wizard
3.
Akan muncul panel Mail Merge disebelah
kanan jendela Word anda.
4.
Pada Select document type pilih Letters
kemudian klik Next pada bagian bawah untuk melanjutkat.
5. Pilih
Use the current document kemudian klik Next
6. Pada
pilihan select recipients, jika anda belum membuat daftarnya pilih saja Type
a new list kemudian klik Create.
7.
Akan muncul jendela New Address list.
Untuk memudahkan pekerjaan kita nantinya sebaiknya kolom yang ada dihapus
kemudian dibuat kolom isian yang baru sesuai dengan yang dibutuhkan.
a. Klik
Customize columns
b.
Pilih filed name kemudian klik tombol delete,
sampai semua nama kolom terhapus.
c. Untuk
membuat field name baru klik Add kemudian beri nama sesuai dengan
kebutuhan (seperti Nama, Alamat, dsb)
d.
Tambahkan beberapa filed sesuai dengan
kebutuhan anda.
e. Jika
dirasa sudah cukup klik OK
f.
Muncul jendela New address list.
Masukkan data-data yang dibutuhkan sampai selesai, kemudian klik OK
g.
Untuk menghapus entry klik pada entry
yang mau dihapus kemudian klik delete. Untuk menambah entry baru klik
pada new entry.
h.
Simpan pada folder dimana tempat
dokumen tersimpan kemudian klik Save.
i.
muncul daftar list yang sudah siap
untuk dimasukkan. Untuk memasukkan semua beri tanda centang pada kotak yang
ada, atau bisa anda pilih sendiri sesuai kebutuhan daftar yang ada dengan
menghilangkan tanda centang pada list tersebut.
8.
Klik Next : Write your letter untuk
melajutkan
9.
Sampai disini kita akan memasukkan
daftar field yang telah kita buat tadi untuk dimasukkan pada dokumen. Arahkan
kursor pada tempat filed diletakkan.
10. Pada
pilihan write your letter, pilih More item
11.
Pada jendela yang muncul pilih nama
filed sesuai dengan dokumen kemudian klik insert.
12. Ulangi
langkah diatas sampai data diisi dengan field yang sesuai. Sehingga tampilannya
akan seperti dibawah ini.
13. kemudian
klik Next untuk melihat hasil merge data. Klik tanda panah kekanan atau
kekiri pada preview your letters untuk melihat hasil.
14.
Jika ada yang masih salah datanya bisa
diubah datanya pada edit recipient list. Jika sudah cukup klik Next untuk
complete the merger.
15.
Terdapat dua pada pilihan complete
merger yaitu Print dan Edit individual letters. Jika anda pilih
merger print, maka data merger akan langsung dicetak melalui printer. Jika
dipilih Edit individual letters maka data akan ditampilkan pada beberapa
halaman langsung di Ms Word. Silahkan pilih sesuai kebutuhan.
thanks banget , sangat sangat membantu buaat ujian praktik besok :)
ReplyDelete